Hantu-Hantu Dari Jepang

Masyarakat Jepang dan Konsep Alam Gaib

Negara Jepang merupakan salah satu negara yang unik dan mempunyai latar belakang sejarah yang berpijak pada hal supranatural. Masyarakat Jepang meyakini adanya kekuatan batin manusia yang dapat memasuki dimensi lain yang penuh dengan kekuatan luar biasa. Dunia supranatural Jepang cara baik untuk menjelaskan yang tidak dapat dijelaskan dan sebuah cara untuk masuk lebih dalam lagi. Hal itu bisa dikatakan sebagai sebuah pencarian spiritual bagi para pencari hal mistik. Keajaiban ada di mana-mana dan kejadian ajaib yang supranatural mungkin sedang menunggu di sudut berikutnya.
Dalam pemikiran orang Jepang, ketika seseorang meninggal dunia rohnya akan meninggalkan kehidupan ini menuju ke dunia yang kekal, setelah mencapai tempat tujuan ini rohnya harus menghabiskan beberapa waktu di antara tingkat keberadaan dalam sebuah tempat yang tidak jelas dan tidak pasti. Di tempat inilah roh dapat menjadi hantu penasaran yang dapat menghantui atau mengganggu orang-orang yang masih memiliki hubungan yang kuat dengannya. Para roh tersebut terus menghantui orang-orang di dunia sampai ada seseorang atau sesuatu yang bisa membebaskan mereka untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju keabadian.
Konsep orang Jepang terhadap alam gaib adalah sebagai berikut :
a.Bagi orang Jepang, semua fenomena alam yang hidup (animate) maupun yang tidak hidup (inanimate) bahkan benda buatan manusia sekalipun mempunyai potensi untuk menjadi hidup jika dimasuki oleh roh gaib.
b.Tenaga gaib khusus atau fungsi dari roh atau dewa dapat mempunyai hubungan langsung maupun tidak langsung dengan sifat dari wadah tempat bersemayamnya. Bukti dari disosiasi antara dewa dengan tempat persemayamannya itu, terletak pada adanya keyakinan bahwa suatu dewa dengan fungsi tertentu dapat saja mempunyai beberapa tempat persemayaman dan fungsi berbeda.
Dalam tradisi Jepang mengenal beberapa makhluk halus, diantaranya adalah :

YUUREI

Namino_yuureifulNl_pop
Berdasarkan ajaran shinto, semua manusia punya roh yang disebut”reikon.” ketika seseorang meninggal, reikon meninggalkan jasadnya dan pergi bersama roh leluhur. Tapi, ketika sesorang mati karena terbunuh, tewas dalam perang, bunuh diri, atau jika tidak diadakan upacara pemakaman yang layak, reikon akan menjadi yuurei untuk membalas dendam. kebanyakan yuurei adalah hantu wanita yang hidupnya menderita karena cinta, cemburu, kesedihan, atau penyesalan. yuurei lelaki sangat jarang.
Yuurei biasanya muncul dalam kimono putih (katabira), yang biasa dipakaikan ketika akan dikubur, katabira tak berlengan, biasanya jasad juga diberi kertas atau kain persegi putih (hitaikakushi) pada wajahnya. Yuurei dipercaya muncul pada pukul 2 atau 3 pagi. dalam cerita jepang, hantu yuurei bisa muncul dalam berbagai cerita, misalnya sadako, akaname, amenonna, anyobo, arikura-no-baba, funnayurei, futakuchi-onna, harionago, hiderigami, hone-onna, kage-onna, katawa-guruma, dll (nama2 tsb bisa di lihat di wikipedia bhs inggris).

ONI

oni
Oni, Setan atau iblis, salah satu youkai (hantu wujud monster, demon, atau ghoul) yang paling terkenal. mereka besar dan bertanduk. warna tubuhnya merah, biru atau hitam. mereka biasanya membawa pentungan besi hitam (kanabou). Mereka dikenal sebagai penjaga gerbang neraka Buddha. Mereka juga biasa muncul dalam cerita rakyat jepang (Momotaro, Isshun-Boshi, dll.) Mereka dungu, kejam, dan perusak. dalam budaya jepang pada perayaan Setsubun (tgl 3 feb) biasanya orang jepang melakukan ritual pengusiran iblis, orang-orang menebar kedelai di depan pintu rumahnya sambil berkata “Oni wa soto, Fuku wa uchi!” (iblis keluar, keberuntungan masuklah).

KAPPA

ceb79b23245e5740ad34de8d
Kappa adalah mkhluk supranatural yang hidup didarat dan air. Makhluk ini setinggi anak usia 4-5 tahun. mereka memiliki mulut seperti paruh, dan sirip pada tangan dan kaki mereka. mereka juga punya cangkang dipunggungnya, dan piringan air dikepala mereka. selama air memenuhi piringan dikepalanya, kappa menyimpan kekuatan supranaturalnya. Kappa dikenal suka menyeret manusia ke air dan mengeluarkan hatinya lewat anus.
meskipun kadang kappa melukai manusia, mereka juga memiliki kisah suka menolong manusia. mereka sungguh ingin tahu. mereka juga suka muncul dalam kartun karena banyak yang menyukainya. Kappa menyukai gulat dan mentimun. kappa juga perenang yang handal. ada pepatah jepang mengatakan “Kappa no kawa nagare (seperti kappa yang tenggelam)” yang artinya, siapa’pun, walau dia ahlinya, pasti akan berbuat kesalahan juga.

ROKUROKUBI

f74acc5cb9aca547fbf2c09e
monster wanita dengan leher yang panjang dan fleksibel. mereka akan terlihat seperti manusia biasa pada siang hari, tapi ketika malam, mereka melepas lehernya untuk menakuti atau memata-matai manusia. terkadang, mereka juga mengganti wajah manusia mereka dengan wajah setan.

YUKI-ONNA

yuki_onna02
Wanita salju (yuki=salju, onnano=wanita), muncul dalam kimono putih pada malam badai salju. dia menyebabkan orang-orang yang sedang dalam perjalanan tersesat mati karena beku. Baca selengkapnya kisah “Yuki-onna” oleh Koizumi Yakumo.

HITOTSUME-KOZOU

180px-Hitotsume-kozo
Goblin bermata satu, cerita mengatakan, ia punya satu mata besar ditengah kepalanya. kepalanya seperti kepala ala pendeta. mereka tak melakukan apa-apa, hanya menakut-nakuti manusia.

TENGU

4524e1f88ec9a70bd9f9fd8f
Tengu adalah goblin gunung, Tengu memiliki wajah merah dan hidung yang luar biasa panjang, dan membawa “hauchiwa (kipas kulit).” setengah manusia setengah burung, tengu memiliki kekuatan supranatural. Tengu disembah oleh “yamabushi (pendeta gunung),” dan mereka biasa memakai kostum”yamabushi” dengan “geta (baju kayu)” panjang. tengu juga dikenal suka menculik anak kecil.

ZASHIKI WARASHI

Zashiki_warashi
Zashiki Warashi adalah hantu yang berwujud anak-anak yang seringkali nakal daripada membahayakan. Hantu ini bisa juga disebut Zashiki-bokko. Zashiki bisa diartikan sebagai penutup lantai rumah atau tatami sedangkan Warashi adalah hantu anak-anak. Penampakan Zashiki Warashi adalah seperti anak kecil yang berusia sekitar 5 atau 6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Apabila di Indonesia hantu seperti ini disebut tuyul. Biasanya hantu anak-anak ini berkeliaran di sekitar rumah dan hantu ini mencari perhatian dengan cara yang bermacam-macam, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, membunyikan musik di ruang tamu atau tiba-tiba duduk di atas futon. Hantu ini paling senang menampakkan diri pada anak kecil. Mungkin karena usia mereka sebaya.

Sebenarnya masih banyak sekali hantu-hantu Jepang yang lain nya,dan keterangan di atas hanyalah sebagian kecil dari hantu-hantu yang ada.

created by: ratu neysa

1 Komentar »

  1. rheya Said:

    i love japan


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: