Japanese High School Life

Sebagian besar sekolah menengah di Jepang memberlakukan peraturan untuk memakai seragam. Umumnya, seragam pelajar putri di Jepang adalah model sailor dengan warna biru laut dan putih. Para pelajar putri pada umumnya akan menggulung bagian pinggang roknya keatas untuk membuatnya semini mungkin walaupun kurang nyaman. Dewasa ini sudah banyak seragam untuk pelajar putri dengan rok yang lebih pendek, namun biasanya model kemeja putih, kaus kaki putih, kardigan atau blazer biasanya tetap tak berubah.
Subjek pelajaran di sekolah menengah Jepang sehari-hari diantara lain Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, pelajaran sosial, sains dan olahraga. Mereka juga mengambil mata pelajaran seni, teknologi dan ekonomi rumah tangga paling sedikit seminggu sekali.
Klub-klub ekstrakurikuler yang diadakan sepulang sekolah membuat para murid berada di sekolah lebih lama. Buraband (band) adalah ekstrakurikuler yang paling populer di kalangan pelajar Jepang. Sebelum mengikuti klub ekstrakurikuler, para murid berpartisipasi membersihkan ruang kelas mereka masing-masing dalam grup-grup, sama seperti pelajar di Indonesia.
Para pelajar Jepang biasa bersosialisasi dalam grup-grup terpisah. Walaupun di sekolah campuran putra dan putri, sosialisasi antara pelajar putra dan putri agak tidak biasa di jam-jam sekolah. Biasanya mereka bersosialisasi setelah jam sekolah dan saat akhir minggu.
Pelajar-pelajar Jepang juga menyukai segala hal yang berbau Amerika, terutama film-filmnya, fashion, dan musik. Sama seperti remaja-remaja di berbagai belahan dunia, internet dan telepon seluler memegang peranan penting di keseharian mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: