Matsutake, King of Edible Mushroom

Banyak orang Jepang yang bersemangat menyambut musim gugur karena biasanya di musim gugur adalah musim jamur – tentunya jamur-jamur yang bisa dimakan. Di antara banyak jenis jamur yang tumbuh di negara tersebut, yang paling populer dan paling lezat adalah matsutake (armilaria matsutake).
Matsutake sering dijuluki sebagai Raja Jamur oleh masyarakat Jepang. Jamur tersebut tumbuh di hutan pinus merah, dan terkadang bisa tumbuh menjadi sangat besar. Payungnya dapat mencapai lebih dari delapan inci.
Di daerah Kansai dan sekitarnya dimana jamur ini banyak tumbuh, masyarakatnya sering berkumpul bersama untuk menikmati matsutake. Mereka membawa nasi, sake dan peralatan memasak ke dalam hutan pinus merah yang biasanya dilestarikan sebagai tempat pertumbuhan matsutake. Mereka memetik matsutake, memasaknya dan berpiknik seharian.
Matsutake dapat dinikmati dengan berbagai cara, namun cara terbaik untuk menikmati aroma dan rasanya adalah dengan cara mengirisnya panjang-panjang, kemudian membakarnya sebentar dan menikmatinya dengan sedikit garam dan kecap. Matsutake dalam masakan sukiyaki juga sangat populer, dan matsutake meshi atau nasi yang dimasak dengan matsutake adalah makanan lezat yang dapat dinikmati dalam berbagai musim.
Sayangnya, harga matsutake sangat mahal. Satu onsnya dapat mencapai $1000. Salah satu alasannya adalah karena pendapatan masyarakat Jepang yang meningkat secara signifikan dalam kurun waktu lima puluh tahun terakhir, dan juga karena panen matsutake yang semakin terbatas karena adanya serangga yang merusak pohon pinus merah tempat mereka tumbuh.
Lebih dari sekedar jamur, matsutake selalu disinonimkan dengan musim gugur dan dianggap sebagai salah satu karakteristik khas negeri Jepang, sama seperti bunga sakura di musim semi.

(*alita pradestia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: