Onsen, Japanese Hot Spring

Onsen adalah sumber air panas dalam bahasa Jepang, walaupun sebenarnya kata onsen disimilarkan dengan fasilitas pemandian dan penginapan di sekitar sumber air panas. Sebagai negara dengan banyak gunung dengan aktifitas volkanisnya, sumber air panas alami di Jepang jumlahnya sangat banyak dan sangat populer di di seluruh lapisan masyarakatnya. Hampir semua daerah mempunyai daerah wisata pemandian air panas. Onsen adalah salah satu fitur sentral dalam pariwisata di Jepang.

Jenis-jenis onsen cukup banyak, berdasarkan kandungan mineral dalam air panas tersebut. Mineral yang berbeda mempunyai manfaat kesehatan yang berbeda, walaupun semua pemandian air panas memberi efek menenangkan bagi tubuh dan pikiran.

Pemandian air panas terbagi menjadi pemandian indoor dan outdoor, pemandian laki-laki, pemandian perempuan, pemandian campuran, pemandian yang sudah dikembangkan dan pemandian alami. Banyak pemandian air panas yang tergabung dengan fasilitas penginapan.

Etika nomor satu di Onsen adalah mengeramas rambut, menggosok tubuh dan membilasnya sebelum masuk ke dalam air panas. Onsen tidak diperuntukkan untuk membersihkan tubuh, namun eksklusif hanya untuk berendam. Masuk ke dalam air panas sebelum membilas badan atau dalam keadaan bersabun dianggap sangat tidak sopan. Bila badan kita sudah bersih dan tidak perlu disabuni lagi, kita cukup membilas alat genital dan kaki kita saja.

Memakai pakaian renang di dalam onsen sangat dilarang. Filosofi Jepang sangat sederhana: jika telanjang bersama tidak kita sukai, silakan mandi di rumah saja.

(*alita pradestia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: