Kobo Chan

Kobo-Chan adalah komik Jepang yang berceritakan tentang seorang anak berusia 5 tahun yang bernama Kobo Tabata, Kobo tinggal dirumah yang sederhana di Tokyo, Jepang, bersama kedua orangtuanya dan kakek-neneknya serta seorang pamannya. Kobo Chan merupakan komik yang cukup menjadi favorit baik di Indonesia maupun negara asalnya.

Cerita ini mengisahkan tentang kejadian sehari-hari yang terjadi pada Kobo dan keluarganya. Kobo Tabata adalah seorang anak kecil yang berusia lima tahun. Anaknya manis dan menggemaskan, namun terkadang-kadang nakal dan sifat ingin tahunya membuat keluarganya kelabakan.
Kobo punya sahabat bernama Satoshi, punya saingan bernama Akira dan punya cewek yang ditaksir pula, seorang gadis kecil yang cantik bernama Hanako. Ayah Kobo, Koji Tabata, adalah seorang pegawai menengah yang suka bermain golf dan sering menghadapi berbagai masalah di kantornya. Ibunya, Sanae Tabata, seorang ibu rumah tangga yang baik sekaligus penggemar ubi bakar. Selain orangtuanya, Kobo juga tinggal bersama kakeknya, Iwao Yamakawa, seorang kakek yang sangat keras namun sayang setengah mati pada cucunya, dan neneknya, Mine Yamakawa, yang selalu kerepotan menghadapi suaminya yang tukang perintah. Selain para manusia ini, rumah Kobo juga dihuni oleh seekor anjing yang gagah bernama Hero dan kucing yang biasa dipanggil Manis.
Paman kobo bernama Takeo, merupakan guru SMP yang sangat disenangi oleh murid-murid disekolahnya, diam-diam menyukain guru olahraga di sekolahnya yang bernama ibu hanada, paman takeo pun sangat senang mendaki gunung, bermain rugby, judo dan mahir menyusun barang-barang kedalam tasnya

Salut banget sama penulisnya yang bisa menuliskan humor dari kehidupan sehari-hari…gak cuma tentang kobonya aja, tentang kedua ortunya dan kakek neneknya juga tentang pamannya itu.

Memang, cerita ini sederhana. Setiap halaman diisi empat kotak adegan yang dirangkai jadi cerita pendek utuh mengenai kehidupan sehari-hari Kobo dan keluarganya. Saya suka banget baca komik ini. Kobo sebagai anak berusia lima tahun yang ceria dan betapa uniknya perangai setiap anggotanya — yang mungkin juga merupakan cerminan salah satu anggota keluarga kita. Hal-hal ini mengajarkan pada kita betapa keindahan hidup terdiri dari hal-hal sederhana yang kalau kita punya rasa humor untuk menghadapinya, akan mengisi hari-hari kita dengan senyum dan tawa. Saya juga belajar banyak mengenai kebudayaan Jepang yang sangat menarik, seperti perayaan-perayaan meriah yang menyenangkan, masakan yang lezat dan perubahan musim yang menarik.
Nah dari komik ini kita juga bisa mengintip dan belajar sedikit tentang budaya dan kebiasaan orang Jepang, soalnya ya itu tadi ceritanya emang tentang keseharian keluarga Jepang pada umumnya.

Asyiknya lagi ceritanya gak sambung menyambung, dibuat dengan sebuah tema kecil per satu halaman, kaya model komik Garfield gitu. Jadi kalau mo baca terserah aja mau darimana kek mau yang mana duluan…suka2 kita aja, makanya komik ini bisa dijadiin bacaan favorit kalau lagi di kamar mandi atau bwt dibawa pergi kemana2 bwt nemenin perjalanan yg ngebosenin….

posted by Alita Pradestia

1 Komentar »

  1. handikas Said:

    sederhana dan ringan, tapi aku suka banget ama Kobo Chan


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: